Selasa, 12 November 2013

Bible Study

YOSUA PASAL 20 


Kamis November 2013

Puji Tuhan! Pada pemberitaan firman Tuhan hari-hari yang lalu kita sudah melihat bagaimana firman Tuhan memerintahkan kepada Yosua supaya menentukan kota-kota perlindungan sebagaimana telah disebutkan Tuhan dengan perantaraan Musa. Kota-kota tersebut akan menjadi tempat perlindungan bagi orang Israel yang telah membunuh seseorang dengan tidak sengaja atau dengan tidak ada niat lebih dahulu. Orang yang telah membunuh itu boleh melarikan diri ke sana sehingga kota-kota itu menjadi tempat perlindungan terhadap penuntut tebusan darah. Mereka boleh tinggal di salah satu kota itu dan berdiri di depan pintu gerbang kota dan memberitahukan perkaranya kepada para tua-tua. 

Supaya apabila penuntut tebusan darah itu mengejar dia, pembunuh itu tidak akan diserahkan mereka ke dalam tangannya, ia harus tetap diam di kota itu sampai ia dihadapkan kepada rapat jemaah untuk diadili, sampai imam besar yang ada pada waktu itu mati. Dan apabila imam besar itu telah mati maka barulah pembunuh itu boleh pulang ke kotanya dan ke rumahnya dengan bebas tanpa ada lagi yang menuntut. Saudara-saudara, semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah dan upah dosa itu sendiri adalah maut = (mati), sehingga orang yang berdosa itu sebenarnya sedang dikejar-kejar oleh penuntut, yaitu Iblis. Kota-kota perlindungan yang disediakan Yosua di te- ngah-tengah orang Israel itu adalah menunjuk pribadi Tuhan Yesus, yang telah digenapi ketika Ia mati di atas kayu salib untuk menyediakan korban pendamaian atau korban penebusan dosa. Yesus itu adalah Imam Besar yang telah mati untuk dosa seisi dunia, sebagai Anak Domba, Ia telah mati dan mencurahkan darah-Nya untuk membalut atau menyembuhkan luka-luka yg diakibatkan oleh dosa. Kalau kita percaya dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat maka kita akan diselamatkan, bukan saja dari dosa tetapi juga dari maut. Yohanes 3 : 16 firman Tuhan memberi jaminan supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa = (tidak mati) melainkan beroleh hidup yang kekal. 

Allah telah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia ini bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia. Yohanes 3 : 18 barangsiapa percaya kepada-Nya, tidak akan dihukum sebab Yesus sebagai Imam Besar akan menjadi Pembela yang akan melepaskan kita dari tangan penuntut. Tetapi setiap orang yg tidak percaya kepada-Nya, ia tetap berada di bawah hukuman, penuntut tebusan darah itu akan terus mengejar dan ia sendiri tidak akan bisa melepaskan diri dari penuntut hukum tersebut. Mereka akan lebih menyukai kegelapan daripada terang sebab perbuatan-perbuatan mereka adalah jahat dan mereka tidak mungkin diselamatkan. Tetapi kalau kita percaya kepada Yesus dan me- nerima Dia sebagai Tuhan dan Juruselamat, berarti kita sedang masuk ke kota perlindungan & tidak ada lagi yang akan mengejar kita. Kristus sebagai Pembela akan melepaskan kita dari ta- ngan Iblis dan membawa kita kepada keselamatan yang pasti. Haleluya...!!!

Tidak ada komentar: