Selasa, 04 Juni 2013

Bible Study

HARI PENTAKOSTA 


Juni  2013

 
Yesaya 4 : 2 - 6 Yerusalem menunjuk gereja Tuhan yang hidup dalam terang firman penga- jaran, yang telah dikuduskan, disucikan menjadi sidang mempelai perempuan Kristus yang akan dibawa masuk ke dalam pesta kawin Anak Domba. Yerusalem itu telah disucikan dan dilindungi dari segala pekerjaan Iblis supaya tetap bercahaya seperti pelita yang terus mene- rus bersinar mengalahkan kegelapan. 
DISUCIKAN  = dari segala tabiat-tabiat daging & dari segala pengaruh-pengaruh yang duniawi. DILINDUNGI  =  supaya tetap terpelihara dan terbela sampai kepada kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kalinya. Sebab kalau gereja itu tidak disucikan dan tidak dilindungi, maka sudah pasti tidak akan mampu bertahan menghadapi segala tipu daya Iblis dengan segala pengaruh-pengaruh yang duniawi. 

Dua hal inilah yang sedang dikerjakan Tuhan dalam hidup gereja Tuhan di akhir zaman ini. Tuhan Allah merindukan supaya gereja Tuhan itu benar-benar hidup kudus, tidak bercela dan tidak ada noda di dalamnya, dan kalau sudah hidup suci maka Tuhan pun akan melin- dunginya dari segala marabaha yang mengancam, Tuhan akan melindungi gereja Tuhan itu sampai kepada kedatangan-Nya yang kedua kalinya. Kalau hidup kita sudah disucikan oleh Tuhan maka kita akan dianggap sebagai milik Tuhan, kitalah yang layak mendapatkan perlindungan dari Tuhan. Bahkan kalau kita sudah disucikan oleh Tuhan, maka Tuhan akan memberikan dan mengurapi kita dengan Roh Kudus-Nya. Dalam Yesaya 4 : 2 - 6 ini Tuhan Allah berjanji akan menyediakan segumpal awan pada waktu siang dan segumpal api pada waktu malam. Ini adalah janji Tuhan yang sudah dinubuatkan bahwa Ia akan mencurahkan Roh Kudus-Nya ke atas orang-orang yang percaya kepada-Nya. Roh Kudus itu adalah penolong dan sebagai pelindung yang diutus Allah untuk menyertai kita sampai kepada kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kalinya. 

Segumpal awan pada siang hari dan segumpal api yang menyala-nyala pada malam hari berbicara pekerjaan Tuhan yang sangat luar biasa terhadap umat-Nya. Ini juga menunjukkan betapa Tuhan itu tahu akan segala kebutuhan kita, tahu bahwa kita sangat membutuhkan pertolongan dan peng- hiburan dari Tuhan. Maka  
1 Korintus 2 : 6 menyatakan kepada kita bahwa segala hikmat ma- nusia dan dunia akan ditiadakan bahkan penguasa-penguasa duniapun akan ditiadakan juga. Sebab dengan hikmat dunia dan hikmat manusia tidak ada seorang pun yang bisa menerima Roh Kudus, justru Tuhan tidak suka kalau manusia itu mengandalkan kekuatannya sendiri. Karena itu Tuhan mau menyatakan hikmat-Nya yang tersembunyi dan rahasia dan disedia kan Allah khusus hanya kepada orang yang tidak memakai hikmat dunia ini. Hikmat dan rahasia Allah ini akan dinyatakan Allah kepada kita oleh Roh Kudus yang diam di dalam kita.

Tidak ada komentar: