Minggu, 09 Juni 2013

Bible Study

HARI PENTAKOSTA 



Juni  2013
 
Segumpal awan pada siang hari dan segumpal api yang menyala-nyala pada malam hari adalah berbicara penyertaan Tuhan yang dinyatakan dalam kuasa Roh Kudus-Nya. Tuhan Allah mau mencurahkan Roh Kudus-Nya ke atas orang-orang yang percaya dan yang dengan sungguh-sungguh mengasihi Yesus sebagai penolong maupun sebagai penghibur, Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita berhasil memperoleh semua yg dijanjikan oleh Tuhan. 1 Korintus 2 : 6 segala hikmat dunia dan manusia akan ditiadakan bahkan penguasa-penguasa duniapun akan ditiadakan. Tuhan mau menyatakan hikmat- Nya yang tersembunyi dan rahasia dan disediakan Allah hanya untuk kemuliaan gereja yg mau mendengar dan menuruti firman Tuhan. Semua ini dinyatakan Allah kepada kita hanya oleh Roh Kudus, sebab hanya Roh itulah yang mampu menyelidiki segala sesuatu bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah. Matius 3 : 11 kalau Yohanes pembabtis di tugaskan membabtis dengan air tetapi Yesus akan membatiskan kita dengan Roh Kudus. 

Kemudian dalam Lukas 12 : 49 - 50 yang diharapkan Tuhan Yesus supaya api yang di lemparkan itu menyala untuk membabtiskan orang-orang yang mau berharap kepada Tuhan Yesus. Yesus sendiri sangat bersusah hati sebelum menerima babtisan Roh Kudus, karena itu Yesus datang untuk melemparkan api ke bumi supaya api itu menyala. Maksudnya : Tuhan Yesus menginginkan supaya Roh Kudus yang telah diutus itu memenuhi serta membatiskan semua orang supaya memiliki kuasa yang besar. Tetapi banyak orang tidak menghiraukan dengan adanya Roh Kudus, banyak orang tdk sungguh-sungguh merindukan supaya dipenuhi Roh Kudus, bagi mereka Roh Kudus itu tidak berguna. Tetapi bagi kita Roh Kudus itu sangat perlu sebab Roh Kudus itulah yang di utus Allah untuk menyertai kita dan memberi kekuatan. Roh Kudus itu adalah Roh Allah sendiri, nafas Allah yang diberikan kepada manusia supaya manusia itu hidup, rohaninya hidup dan bisa bertumbuh terus sampai menjadi dewasa rohani yang mampu menolak dosa dan segala pekerjaan iblis. 

Kita bisa melihat Yesus sebagai contoh, setelah dibabtis dengan air dan Roh Kudus, Roh Kudus itu sendiri yang membawa Yesus untuk dicobai Matius 4 : 1 - 7. Tetapi karena Yesus sudah dibabtis dengan air dan Roh, maka Yesus mendapatkan kekuatan sehingga Ia mampu mengalahkan segala bentuk cobaan atau godaan iblis. Yesus menang sebab Ia tidak mau melakukan apa yang dikatakan oleh iblis, Yesus lebih memilih melakukan apa yang telah difirmankan Allah untuk dilakukan. Jadi bagi kita jemaat-jemaat Tuhan, tdk ada kekuatan lain yang mampu mengalahkan segala pencobaan iblis kalau kita tidak dipenuhi oleh Roh Kudus, Roh Kudus itulah sumber kekuatan, sumber pertolongan dan kemenangan.

Tidak ada komentar: