Selasa, 04 Juni 2013

Bulletin Minggu

“KEMBALI KEPADA MAKSUD 
ALLAH” 


Juni  2013


Sauadara-saudara, Alkitab yang terdiri dari kitab perjanjian lama dan perjanjian baru berisikan segala pekerjaan Tuhan, berisikan rencana dan misi Tuhan untuk keselamatan bagi semua orang. Pekerjaan Tuhan itu sudah dimulai sejak Ia mencipta kan langit dan bumi dan segala isinya dan yang akan berakhir pada kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kalinya. Tuhan Yesus Kristus akan datang menjemput orang-orang kudus-Nya, yaitu gereja yang berhasil menjadi mempelai perempuan-Nya dan mengangkat orang-orang yang telah mati di dalam Tuhan. Jadi Alkitab yang di mulai dari kitab Kejadian sampai kitab Wahyu berisikan pekerjaan Tuhan yang begitu luar biasa terhadap semua orang dan semua bangsa di dunia ini. Semua orang yang mau menerima kebenaran dan yang hidup di dalamnya akan mendapatkan jaminan keselamatan. Bahkan akan menjadi orang-orang yang teristimewa di mata Tuhan, yang dibuat Tuhan menjadi sama seperti diri-Nya. Yohanes 10 : 34 - 35 Yesus sendiri berkata : “Aku telah berfirman : Kamu adalah allah.” Ini adalah firman Tuhan yang patut kita percayai dan yang menjadi misi Tuhan bagi gereja-Nya yang tidak bisa dibatalkan. Misi Tuhan yang paling nyata adalah Tuhan mau menjadikan kita menjadi sama seperti Diri-Nya dalam kekudusan-Nya. Kalau dikatakan : Kamu adalah allah, bukan berarti kita harus disembah seperti Allah yang disembah, tetapi Tuhan mau menjadikan gereja-Nya itu kembali segambar dan serupa dengan Allah, dan yang diberi kuasa. Semua orang memang sudah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah sehingga telah kehilangan gambar Allah yang semula. 

Tetapi Tuhan Allah tidak berhenti bekerja, tidak membiarkan manusia itu tetap berada di dalam maut. Misi dan visi Tuhan akan terus berlanjut dan akan dinyatakan kepada semua orang. Karena itu Tuhan mau memberikan firman dan Roh Kudus-Nya kepada semua orang yang mengasihi Allah. Supaya dengan firman dan Roh Kudus itu gereja Tuhan diperlengkapi dengan kuasa yang besar, kuasa untuk mengalahkan segala pekerjaan Iblis. Sebab pada akhir zaman ini Iblis akan berusaha dengan segala kemampuannya untuk menggagal kan orang-orang yang tidak sungguh-sungguh datang kepada Tuhan. Tetapi setiap orang yang setia mengikut Yesus dan melakukan firman-Nya akan diperlengkapi dengan Roh Kudus supaya menerima kuasa. Firman dan Roh Kudus itu akan membawa orang supaya mengalami tanda kelahiran baru, yang telah dibaharui dari segala sifat dan perbuatan-perbuatan yang lama. Memang di dalam diri manusia itu tidak ada yang baik, namun demikian jika firman dan Roh Kudus sudah memenuhi hati kita maka segala yang tidak baik itu akan keluar dan akan diganti dengan sifat dan karakter Kristus. 

Dengan demikian kita akan menjadi jemaat yang diberi kuasa untuk mengalahkan segala pengaruh-pengaruh yang duniawi, mengalahkan segala tabiat daging bahkan mampu mengalahkan Iblis. Setiap orang yang telah mengalami tanda kelahiran baru yang dikerjakan sepenuhnya oleh firman dan Roh Kudus, akan diberi kuasa untuk mengalahkan segala perbuatan-perbuatan kegelapan. Dan yang menjadi teladan yang paling sempurna itu adalah Tuhan Yesus Kristus. - Yesus tidak menuruti kehendak-Nya sendiri tetapi melakukan apa yang telah diperintahkan oleh Bapa kepada-Nya. - Yesus berhasil mengalahkan maut dan mengalah kan dunia dan segala pengaruhnya. Saudara-saudara, firman Tuhan telah mengatakan bahwa kita harus lahir dari Allah, lahir dari firman dan Roh Kudus. 1 Yohanes 3 : 9 - 10 kalau kita sudah lahir dari Allah maka kita tidak akan berbuat dosa lagi. Mengapa? karena kalau kita sudah lahir dari Allah maka benih ilahi sudah ada di dalam kita. Benih ilahi itu adalah firman Tuhan yang menjadi sumber kekuatan, sumber pengharapan, sumber keselamatan, sumber pertolongan dan sumber segala sesuatunya. Itu sebabnya firman Tuhan dengan tegas mengatakan bahwa setiap orang yang telah menerima benih ilahi, tidak akan berbuat dosa lagi. 

Dan salah satu pekerjaan Iblis yang dipakai untuk menguji jemaat-jemaat adalah dengan datangnya pengajaran-pengajaran palsu atau nabi-nabi palsu. Ulangan 13 : 1 - 3 dan Matius 24 : 4 - 6 firman Tuhan telah menubuatkan bahwa nabi atau pemimpi atau penyesat-penyesat akan selalu ada di tengah-tengah kita. Tetapi firman Tuhan telah menyatakan walau nab-nabi palsu atau pemimpi itu sudah ada di tengah-tengah kita dan memberikan suatu tanda dan mujizat yang benar-benar terjadi, tetapi kita tidak boleh terpengaruh dan jangan mau diajak menyimpang dari kebenaran yang sebenarnya. Kalau nabi-nabi palsu dan pemimpi itu mengajak untuk mengikuti allah lain, Saudara jangan mau terseret dan jangan mau mengikuti allah lain. Tuhan Allah sengaja mengijinkan nabi-nabi palsu dan pemimpi itu ada di tengah-tengah kita untuk menguji apakah kita dengan sungguh-sungguh mengasihi Tuhan Allah dengan segenap hati dan dengan segenap jiwa. 
Wahyu 13 : 5 - 8  

Tuhan Allah mengijinkan Iblis dan antikrist berkuasa di bumi ini hanya selama tiga setengah tahun saja. Saudara-saudara, yang disebut lahir dari Allah tidak cukup hanya lahir dari firman saja tetapi juga harus lahir dari Roh. Sebab kalau tanpa Roh Kudus tidak ada seorang pun yang bisa hidup dalam kebenaran dan tidak ada seorang pun yang bisa mengenal Kristus dengan tepat dan benar. Tetapi kalau kita sudah dipenuhi dan dipimpin oleh Roh Kudus, maka Roh itulah yang memberi pengenalan bahkan yang akan menuntun kita kepada seluruh kebenaran. Roh Kudus itulah yang memberi kekuatan supaya kita mampu melakukan kebenaran dan hidup di dalamnya. Bahkan oleh Roh Kudus itu jugalah kita bisa mengenal segala pekerjaan Iblis, mengenal pekerjaan antikristus dan mengenal segala pekerjaan nabi-nabi palsu. 1 Yohanes 2 : 3 - 6 dengan adanya pengurapan dari Roh Kudus maka kita akan mengenal dan mengetahui kebenaran, kita bisa mengenal dan mengetahui segala pekerjaan Iblis. Bahkan dengan pengurapan dari Roh Kudus kita bisa mengetahui bahwa seorang pendusta di dalamnya tidak ada kebenaran. 

Hanya orang-orang yang telah dipenuhi Roh Kuduslah yang bisa mengenal segala bentuk pekerjaan Iblis. Bahkan dengan pengurapan dari Roh Kudus maka kita berbeda dengan orang-orang Kristen yang lainnya. Dalam Mazmur 87 : 4 - 7 orang-orang yang lahir dari Allah itu disebut lahir di Sion, seorang demi seorang dilahirkan di Sion. Dan hanya yang lahir di Sionlah yang dicatat namanya di sorga. Inilah yang disebut telah lahir dari Allah, lahir dari benih firman pengajaran. Proses menjadikan kita segambar dan serupa dengan Allah tidaklah semudah mengatakannya, tetapi benar-benar harus lahir dari benih firman pengajaran. 
     - harus lahir dari Allah, yaitu diciptakan menjadi ciptaan yang baru 
     - harus menerima kuasa Roh Kudus yang bisa me- nuntun kepada seluruh kebenaran. 
Sendainya manusia itu sudah segambar dengan Allah tentu Ia sudah datang kembali. Tetapi karena masih banyak orang Kristen yang belum sungguh-sungguh hidup dalam kebenaran, maka Tuhan Yesus belum datang. Sampai sekarang Tuhan Yesus masih terus bekerja untuk menjadikan gereja itu supaya kembali segambar dan serupa dengan Allah. Karena itu kita harus tetap setia beribadah dan melakukan segala perintah-Nya sampai kepada akhirnya. Haleluya....!!!

Tidak ada komentar: