Kamis, 30 Mei 2013

Bulletin Minggu

HARI PENTAKOSTA


Yohanes 14 : 1 - 3 Yesus naik ke sorga : 
 - untuk membuktikan bahwa dibalik tempat kita yang sementara ini masih ada tempat yang paling indah 
    yang di dalamnya tidak ada ratap tangis, yaitu sorga. 
 - untuk menyediakan tempat di sorga, bagi orang-orang yang berkenan kepada Tuhan. 
Karena itu sebelum Yesus akan ditangkap dan disalibkan, Yesus sudah lebih dahulu mengingatkan supaya murid-murid jangan gelisah tetapi supaya tetap percaya kepada Yesus dan kepada firman-Nya. 

Walau secara lahiriah murid-murid patut gelisah, patut kuatir sebab Yesus akan ditangkap, tetapi lebih dahulu mengingatkan supaya mereka tetap percaya kepada Yesus dan perkataan-Nya. Tuhan Yesus berkata demikian tujuannya adalah supaya murid-murid itu jangan hanya melihat apa yang dilihat oleh mata jasmani tetapi mereka jg melihat apa yang sedang dikerjakan Tuhan Yesus kalau Ia sudah naik ke sorga. Karena itu semua orang membutuhkan Roh Kudus, baik jemaat-jemaat maupun hamba-hamba Tuhan sama-sama membutuhkan Roh Kudus. Sebab tanpa Roh Kudus tidak ada seorang pun yang bisa mengerti firman Tuhan, bagi mereka ayat-ayat firman Tuhan itu ha- nya huruf-huruf yang mematikan saja. 

Tetapi kalau sudah dipenuhi oleh Roh Kudus maka firman itu akan hidup dan akan memberikan pengertian-pengertian sehingga rohani kitapun akan hidup. Beribadah tanpa Roh Kudus, melayani Tuhan tanpa Roh Kudus, semua menjadi tidak berguna dan tidak akan berkenan kepada Tuhan. Dan yang lebih parah lagi kalau tanpa Roh Kudus, orang-orang akan hidup menuruti keinginan-keinginan hatinya dan akan selalu hidup menurut daging. Dalam Perjanjian Lama firman Tuhan telah menubuatkan tentang kebangkitan Kristus, 
yatiu ketika bangsa Israel merayakan hari raya buah bungaran. Ini adalah gambaran atau ba- yangan akan kebangkitan Yesus sebagai yang sulung dari antara orang mati. 

Dan yang membangkitkan Yesus adalah Roh Kudus. Itu sebabnya bagi kita Roh Kudus itu sangat berguna sebab sangat berperanan penting untuk membawa kita kepada seluruh kebenaran. Dan kalau Tuhan Yesus datang yang kedua kali, Ia akan melihat apakah di dalam hidup kita ada Roh Kudus-Nya. Kalau tidak penuh dengan Roh Kudus, maka sudah pasti hidupnya tidak akan berkenan kepada Allah, ia tidak akan bisa masuk ke dalam kerajaan sorga. Efesus 1 : 13 - 14 firman Tuhan menjelaskan kepada kita setelah mendengarkan firman kebenaran, Roh Kudus itu berperanan untuk memeteraikan kita dengan Roh sebagai tanda milik Kristus, Roh Kudus itu juga akan menjadi jaminan bagian kita sampai kita berhasil memperoleh seluruhnya, yaitu hidup yg kekal. Artinya : dengan Roh Kudus kita dilayakkan masuk ke dalam kerajaan sorga.

Tidak ada komentar: