Senin, 02 September 2013

Bible Study

YOSUA PASAL 14 


Kamis, September 2013

HEBRON = Tempat khusus yang diberikan Tuhan kepada Kaleb sebagai orang yang layak menerima bagian yang terbaik, sebab Kaleb itu seorang yang setia mengikuti Tuhan mulai dari pimpinan Musa sampai kepada pimpinan Yosua. Kaleb tetap setia mengikuti dan melaku - kan perintah Tuhan sejak ia keluar dari Mesir sampai ia masuk ke tanah Kanaan, tidak pernah menyimpang dari perintah Tuhan. Hebron disebut sebagai tempat khusus karena berkaitan de- ngan orang-orang pilihan Tuhan, yaitu orang-orang yang mau mengikuti dan melakukan pe- rintah Tuhan, mulai dari Abraham, Ishak, Yakub, Daud dan termasuk Kaleb. Abraham = orang yang meninggalkan Ur-Kasdim, rumah bapanya, dan sanak saudaranya dan pergi ke tempat yang akan diberikan Tuhan kepadanya, Abraham mau melakukan seperti yang difirmankan Tuhan kepadanya. 

Di Hebron, Abraham pernah mendirikan mezbah bagi Allah di dekat pohon-pohon tarbantin di Mamre, di Hebron, Abraham menguburkan Sara istrinya, tepatnya di dalam gua ladang Makhpela (Kejadian 13 : 18; 23 : 2, 23 : 19; 35 : 27). Di Hebron, Daud pernah memerintah selama tujuh tahun, diHebron juga lahir anak-anak bagi Daud (2 Samuel 2 : 11; 3 : 2). Jadi Hebron itu memang tempat khusus sebab orang-orang pilihan Tuhanlah yang pernah merebut dan tinggal di Hebron. Yosua 14 : 10 - 12 setelah bangsa Israel sampai ke tanah Kanaan dan pada saat tanah Kanaan akan dibagi-bagikan kepada seluruh suku Israel, Kaleb datang kepada Yosua dan meminta supaya Yosua memberikan kepadanya bagian yang telah diberikan Tuhan sejak zaman Musa. Yaitu pegunungan, bahwa di sana ada orang Enak dengan kota-kota yang besar dan berkubu. Jadi di Hebron itu ada orang Enak dengan kota-kotanya yang besar dan berkubu sebagai ko- ta atau tempat yang terbaik. 

Walaupun kota-kota di Hebron itu besar dan berkubu, tetapi Kaleb tidak takut merebutnya, Kaleb percaya kepada Tuhan bahwa Tuhan pasti akan menggenapi janji-Nya dan bahwa apa yang telah difirmankan Tuhan itu pasti jadi. Karena Kaleb telah memelihara janji Tuhan maka Tuhan pun telah memelihara hidupnya, walaupun kini usianya telah delapan puluh lima tahun tetapi kekuatannya tetap sama seperti ketika ia berumur empat puluh tahun. Ini bisa terjadi karena Kaleb itu adalah orang yang benar-benar setia memelihara perintah Tuhan, setia memelihara janji Tuhan. Demikian juga kalau kita mau setia memelihara perintah dan janji Tuhan, maka Tuhan juga pasti akan memelihara hidup kita dan akan memberikan kekuatan untuk mengalahkan musuh. Sebagai hamba Tuhan ataupun sebagai jemaat- jemaat Tuhan, kita tidak perlu takut termakan usia, sebab Tuhan memberi kekuatan bukan hanya kepada orang yang masih muda, kepada orang yang sudah tuapun Tuhan mau memberikan kekuatan utk menunjukkan pemeliharaan-Nya terhadap semua orang yg memelihara firman.

Tidak ada komentar: