Selasa, 08 Oktober 2013

Bible Study 2013

YOSUA PASAL 15 - 19


Kamis, Oktober 2013

Puji Tuhan! Saudara-saudara, kita telah melihat bersama-sama bagaimana Otniel dan Akhsa yang berhasil mendapatkan mata air yang di hilir dan mata air yang di hulu, sebab Akhsa sebagai istri sangat mengerti apa yang sangat dibutuhkan dalam keluarganya. Mereka tidak puas kalau hanya mendapatkan tanah yang gersang, tetapi mereka juga meminta kepada Kaleb supaya memberi kan tanah yang ada airnya. Kaleb sebagai orang yang istimewa di mata Tuhan mendapat Hebron, sebagai upah bagi orang yang tetap setia mengikuti dan melayani Tuhan dengan sepenuh hati. Kaleb berhasil menjadi seorang pelayan Tuhan sudah dimulai sejak dalam pimpinan Musa yang keluar dari Mesir menuju tanah Kanaan sampai dalam pimpinan Yosua yang diangkat Tuhan untuk meng- gantikan Musa memimpin bangsa Israel menuju tanah Kanaan. 

Kemudian dalam Yosua 15 : 20 - 63 selanjutnya suku Yehuda juga mendapatkan milik pusaka menurut kaum-kaum mereka lengkap dengan batas-batasnya. - Yosua psl 16 sampai 17 = setelah keluar undian bagi Yusuf, suku Efraim dan suku Manasye menerima milik pusaka. - Yosua psl 18 = suku Benyamin menurut kaum-kaum mereka mendapatkan milik pusakanya. - Yosua psl 19 = suku Simeon, suku Zebulon, suku Isakhar, suku Asyer, suku Naftali, suku Dan & Yosua mendapatkan bagian sebagai milik pusaka mereka. Khusus Yosua 19 : 49 - 50 Yosua sebagai pemimpin bangsa Israel yang berhasil membawa bangsa Israel masuk ke tanah Kanaan jg mendapatkan milik pusaka tentunya setelah seluruh orang Israel selesai membagi-bagi negeri itu menjadi milik pusaka mereka. Walaupun Yosua yang paling akhir mendapatkan milik pusaka, tetapi Yosua juga mendapat milik pusaka di tengah-tengah orang Israel dan mendapatkan pegunungan. Yosua mendapatkan milik pusaka karena ia sendiri yang meminta kepada Tuhan. 

Sesuai dengan titah Tuhan, orang Israel memberikan kepada Yosua kota yang di mintanya, yakni Timnat-Serah di pegunungan Efraim. Yosua pun membangunnya dan menetap di sana dengan aman dan damai sebab Tuhan Allah menyertainya. Memang kalau kita sudah berkenan kepada Tuhan, apa saja yang kita minta pasti akan diberikan Tuhan sebagai upah kita. Yohanes 15 : 7 - 8 Yesus sendiri yang memberi jaminan kepada kita, jika kita tinggal di dalam Tuhan dan firman-Nya tinggal di dalam kita, maka Tuhan sendiri memberi perintah supaya kita meminta kepada-Nya. Dan kalau kita meminta kepada Tuhan, apa saja yang’ kita minta itu pasti akan diberikan Tuhan. Sebab kalau kita meminta dan Tuhan memberikannya maka dalam hal inilah Bapa dipermuliakan, Tuhan sangat senang melihat kehidupan orang-orang yang mau mengikuti gerak firman Tuhan dan yang melakukannya dengan taat dan setia. Sama seperti Yosua ketika meminta diberikan demikian juga kita akan menerima apa saja yang kita minta.

Tidak ada komentar: