Senin, 13 Mei 2013

Bulletin Kamis

KITAB FILIPI 
 Bible Study, Mei 2013

 Lahirnya jemaat di Filipi : 
- karena ada seorang permpuan bernama Lidia yang sangat mengasihi Tuhan, bukan hanya membuka 
   hatinya tetapi yang juga membuka rumahnya. 
- karena ada seorang gadis yang mengalami kelepasan sehingga tersebar kesemua orang 
- karena ada seorang kepala penjara di Filipi yang mau bertobat, mau menerima Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat sehingga ia dan seisi rumahnya diselamatkan. Walaupun mereka harus mengalami berbagai-bagai penderitaan tetapi mereka tetap percaya dan tetap setia mengikuti kebenaran. 

Bersukacita dalam penderitaan ada empat (4) poin penting yang akan kita dapatkan, yaitu :
1. Kita mengerti bahwa penderitaan itu bisa membuat kita berhenti berbuat dosa. 1 Petrus 4 : 1 - 2 karena Kristus telah menderita penderitaan badani, maka kita juga harus mempersenjatai diri dengan pikiran yang demikian. Maksudnya kalau karena kebenaran kita harus mau menanggung penderitaan apapun bentuknya. Sebab setiap orang yang menderita penderitaan badani maka penderitaan itu akan membuat kita berhenti berbuat dosa. Dengan demikian maka waktu yang sisa ini, maksudnya pada zaman akhir ini kita akan pergunakan bukan menurut keinginan manusia, tetapi menurut kehendak Allah. Inilah yang membuat maka penderitaan itu bisa membuat kita berhenti berbuat dosa. 

2. Penderitaan itu membuat kita belajar menjadi taat. Ibrani 5 : 8 Yesus sendiri sebagai Anak telah belajar menjadi taat dari apa yg telah diderita- Nya untuk menunjukkan bahwa penderitaan itu bukanlah sesuatu yang menakutkan apalagi membahayakan hidup. Bagi kita penderitaan itu merupakan sebagai alat atau jalan untuk melatih supaya kita belajar menjadi taat sebagai anak-anak Tuhan. Kalau Yesus sendiri seba- gai Anak mau belajar menjadi taat dari apa yang harus diderita-Nya, maka kita juga harus mau belajar taat dari apa yang harus kita alami. 

3. Penderitaan itu membuat kita serupa dengan Kristus. Filipi 3 : 10 - 11 apa yang dikehendaki rasul Paulus juga harus menjadi kehendak kita, kita hrs mengenal Kristus dalam persekutuan penderitaan-Nya, dalam kematian dan kebangkitan- Nya supaya kita akhirnya menjadi serupa dengan Kristus. 

4. Menderita supaya orang lain juga diselamatkan oleh Tuhan. 1 Petrus 3 : 18; Kolose 1 : 24 rasul Paulus juga rela menderita karena orang lain demi pemberi- taan Injil supaya orang lain diselamatkan. Sebab penderitaan yang kita alami itu adalah jg untuk menggenapkan dalam daging kita apa yang kurang dalam penderitaan Kristus.

Tidak ada komentar: