Kamis, 04 Juli 2013

Bible Study

“HARI PENTAKOSTA” 

 Kami, Juli 2013

Kepada orang-orang yang menang Allah berjanji akan memberikan hidup yang kekal bersama dengan Kristus di dalam kerajaan sorga. Pengharapan yang selama ini masih dijanjikan akan menjadi nyata karena Tuhan sudah berkenan menyatakannya. Dan untuk mencapai semua itu kita harus hidup dalam terang firman Tuhan dan dalam pimpinan Roh Kudus, yang membawa kita kepada kekudusan seperti yang diinginkan Tu- han dalam hidup kita. Sebab mustahil seseorang berkenan kepada Tuhan kalau tidak hidup dalam kebenaran apalagi kalau tidak dipimpin dan dikuasai oleh Roh Kudus, sebab tanpa Roh Kudus maka keinginan daging yang lebih menonjol. Roma 8 : 13 - 17 menjelaskan tentang orang-orang yang hidup menurut daging dan menurut Roh, firman Tuhan mengajak supaya kita hidup menurut Roh jangan menurut daging. Sebab kalau hidup menurut daging akan mati sebab ia akan diperbudak dan dikuasai oleh keinginan dirinya sendiri yang tentunya sama dengan menuruti keinginan Iblis. 

Tetapi kalau kita hidup menurut Roh maka sesungguhnya kita akan mematikan segala keinginan daging dan segala perbuatan-perbuatan yang bertentangan dengan kehendak Tuhan. Roh Kudus itulah yang akan men- jadikan kita sebagai anak-anak Tuhan dan Roh itu juga yang bersaksi bersama-sama dengan roh kita bahwa kita adalah anak-anak Allah yang berhak menerima janji-janji Allah. Roma 8 : 26 setiap orang yang hidup menurut Roh maka Roh itu akan membantu kita dalam kelemahan sebab Roh itu akan berdoa untuk kita. Mazmur 23 : 1 - 3 berkat khusus bagi orang-orang yang hidup tergembala dengan baik : tidak akan kekura- ngan, sebab Yesus sebagai Gembala yang baik akan memelihara, membela dan memberikan pertolongan tepat pada waktunya. Dan Yeremia 17 : 5 menjelaskan tentang orang-orang yang terkutuk karena selalu mengandalkan kekuatan diri sendiri, mengandalkan manusia dan hatinya selalu menjauh dari Tuhan. Akibatnya ia akan sama seperti tanah angus yang tidak mendapatkan air pemeliharaan, tidak mendapat perhatian dari Tuhan, ia akan terbuang jauh dari hadapan Allah. Karena itu sebagai jemaat maupun sebagai hamba-ham- ba Tuhan kita harus tetap berada dalam kebenaran dan jangan mau menyimpang dari kebenaran. Devenisi “sesat” = menyimpang, tidak tetap pada tujuan dan tidak berada lagi dalam kebenaran firman Tuhan. Maka Yohanes 16 : 13 fungsi Roh Kudus dalam hidup kita : 
 - untuk memimpin kita kepada seluruh kebenaran 
 - untuk memberitahukan hal-hal yang akan datang. 
Inilah yang yang dikerjakan oleh Roh Kudus kepada setiap orang yang telah dipenuhi oleh Roh Kudus, sebab Roh Kudus itulah penuntun yang bisa membawa kita kepada seluruh kebenaran dan Roh Kudus itu jugalah yang akan memberitahukan hal-hal yang akan datang, yang menyangkut tentang tanda-tanda akhir zaman maupun tentang kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kalinya. 

Kalau tidak dipenuhi oleh Roh Kudus, sulit orang Kristen mempercayai tentang tanda-tanda akhir zaman, mereka menganggap semua yang terjadi itu hanyalah kejadian yang terjadi begitu saja. Bahkan kalau tidak dipenuhi Roh Kudus sangat sulit sekali orang Kristen mempercayai tentang kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kalinya. Mereka menganggap kedatangan Tuhan Yesus itu hanya dongeng saja. Tetapi kalau hidup kita sudah dipenuhi dan dipimpin oleh Roh Kudus, maka Roh Kudus itulah yang akan memberi keyakinan, memberi pengertian bahwa Tuhan Yesus benar-benar akan datang kembali dan bahwa dunia ini akan hilang lenyap. Dengan demikian kita bisa yakin bahwa hidup ini adalah anugerah yang harus dihargai dengan sebaik-baiknya, harus diisi dengan hidup dalam kebenaran & berada dalam rencana Allah yang sesungguhnya. Dengan cara : hidup dalam ibadah dan penggembalaan yang benar serta dengan taat dan setia melakukan segala kehendak Allah. Haleluya....!!!

Tidak ada komentar: