Senin, 08 Juli 2013

Bible Study

HARI PENTAKOSTA 

 Kamis Juli 2013
 
Roma 8 : 13 - 17 firman Tuhan menegaskan kepada kita tentang orang-orang yang hidup menurut daging dan menurut Roh. Firman Tuhan mengingatkan supaya kita hidup me- nurut Roh jangan menurut daging. Sebab setiap orang yang hidup menurut daging akan mati sebab ia akan diperbudak dan dikuasai oleh keinginan dirinya sendiri yang tentunya sama dengan menuruti keinginan Iblis. Ditegaskan juga bahwa keinginan daging itu adalah perseteruan terhadap Allah karena tidak takluk kepada hukum Allah, dan setiap orang yang hidup menurut daging tidak mungkin berkenan kepada Allah. Tetapi kalau kita hidup menurut Roh maka kita akan hidup.

Sebab kalau kita hidup menurut Roh dan dipimpin oleh Roh maka oleh Roh itu kita akan dimampukan mematikan segala perbuatan-perbuatan tubuh, yaitu keinginan atau tabiat daging. Kalau hidup menurut daging akan menjadi takut tetapi kalau hidup menurut Roh, Roh itulah yang menjadikan kita sebagai “anak-anak Allah.” Roh itu akan bersaksi bersama-sama dengan roh kita bahwa kita adalah anak-anak Allah yang berhak menjadi ahli waris, yang berhak menerima janji-janji Allah tentang hidup yang kekal. Roma 8 : 26 kalau sudah hidup menurut Roh maka Roh itu akan membantu kita dalam kelemahan sebab Roh itu akan berdoa untuk kita dgn keluhan-keluhan yang tidak terucapkan. Mazmur 23 : 1 - 6 berkat bagi orang-orang yang tergembala dengan baik : “tidak akan kekurangan” sebab Yesus sebagai gembala yang baik akan membaringkan kita di padang yang berumput hijau, Ia akan membimbing kita ke air yang tenang, Ia yang menyegar kan jiwa kita, Ia yang menuntun kita ke jalan yang benar oleh karena nama-Nya. Bahkan sekalipun kita berjalan dalam lembah kekelaman, kita tidak usah takut bahaya sebab Tuhan beserta kita dan akan memberikan penghiburan.

Bahkan dengan kuasa Allah yg luar biasa, Ia bisa menyediakan hidangan bagi kita di hadapan lawan-lawan kita. Artinya karena Tuhan beserta dengan kita, maka Tuhan sendiri yang akan memberkati dan yang memelihara kita walau sedang berada di tengah-tengah pencobaan atau penderitaan. Sebaliknya kalau tidak tergembala dengan baik maka Roh Kudus tidak akan menuntun hidupnya dan tidak akan mengalami datangnya hari yang baik. Yeremia 17 : 5 - 6 menjelas kan tentang orang-orang yang terkutuk, mereka seperti semak bulus di padang belantara, yang tinggal di tanah angus di padang gurun, di negeri padang asin yang tidak berpenduduk. Penyebabnya : karena mengandalkan manusia, mengandalkan kekuatanya sendiri dan karena hatinya jauh dari pada Tuhan. Jadi kita harus hidup menurut Roh supaya kita mampu mematikan segala keinginan daging yang sangat dibenci oleh Tuhan.

Tidak ada komentar: