Minggu, 22 Desember 2013

Bible Study

N A T A L 

Kamis, Desember 2013

 
 NATAL adalah penggenapan janji Allah yang telah dinubuatkan sejak dalam kitab Perjanjian Lama. Kejadian 3 : 15 Allah sendiri yang berfirman bahwa keturunan perempuan itu akan meremukkan kepala ular. Ini adalah nubuatan firman Tuhan ttg janji Allah bahwa dari keturunan perempuan itu akan lahir seorang yang mampu mengalahkan segala pekerjaan Iblis. Walaupun Habel telah mati karena dibunuh oleh Kain, tetapi Allah memberi Set sebagai ganti Habel, kemudian Enos yang mau memanggil nama Tuhan, dilanjutkan kepada Nuh yang mau melakukan firman Tuhan lalu Abraham, Ishak, Yakub, sampai kepada Daud. Mereka ini adalah orang-orang yang dipakai Tuhan sebagai garis keturunan untuk melahirkan Yesus yang datang sebagai manusia. 

NATAL itu bukan hanya sekedar perayaan saja, bukan hanya seke- dar mengingat Yesus telah lahir, tetapi NATAL itu merupakan penggenapan janji Allah untuk menyelamatkan manusia yang telah berdosa. Lukas 1 : 46 - 55 ketika Maria menaikkan nyanyian pujian, ia menaikkan nyanyian yang menyatakan tentang janji Allah yang akan digenapi dalam kelahiran Yesus. Ia bergembira dan jiwanya memuliakan Tuhan karena Allah adalah Juruselamat yang telah memperhatikan kerendahan hatinya. Tuhan Allah telah melakukan perbuatan besar dan memperlihatkan kuasa-Nya dengan perbuatan tangan-Nya. Allah akan mencerai-beraikan orang-orang yang congkak hatinya dan menurunkan orang yang berkuasa dari tahtanya tetapi akan meninggikan orang-orang yang rendah. Kelahi- ran Yesus ke dunia ini untuk melimpahkan segala yang baik kepada orang yang la- par dan menolong setiap orang yang mengingat rahmat-Nya. 

Demikian juga dalam Lukas 1 : 67 - 75 ketika Zakharia menaikkan nyanyian pujian kepada Tuhan, ia juga menyampaikan tentang penggenapan janji Allah. Allah mengingat akan perjanjian-Nya yang kudus yang telah diucapkan kepada bangsa Israel. Jadi kelahiran Yohanes pembabtis juga merupakan penggenapan janji Allah sebab di utus untuk mendahului Yesus untuk mempersiapkan jalan bagiNya. Kelahiran Yesus itu adalah untuk memberikan kepada umat-Nya pengertian akan keselamatan yang berdasarkan pengampunan dosa-dosa mereka, dan untuk menyinari mereka yang diam kegelapan dan dalam naungan maut untuk mengarahkan kaki kita kepada jalan damai sejahtera. Maria dan Zakharia, dua orang yang dipakai Tuhan untuk menyampaikan janji Allah kepada umat-Nya tentang keselamatan dari dosa dan maut.

Tidak ada komentar: