Minggu, 29 Desember 2013

Bible Study

ARTI  NATAL 


Kamis, Desember 2013

 
Akibat dosa : manusia kehilangan kemuliaan Allah, bangsa-bangsa diam dalam kegelapan dan di- naungi maut. Tetapi oleh kedatangan Yesus ke dalam dunia sebagai manusia, Ia telah membawa ke- lepasan dari dosa dan maut. Matius 4 : 16 karena Yesus telah datang sebagai manusia, bangsa yang diam dalam kegelapan telah melihat terang yang besar dan bagi mereka yang diam di negeri yang dinaungi maut telah terbit terang. Hal ini sesuai dengan Yohanes 3 : 16 karena kasih Allah begitu be- sar, Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal untuk membawa keselamatan kepada semua orang. Supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa tetapi beroleh hidup yang kekal. 

Untuk melahirkan Yesus yang datang sebagai manusia, Allah memakai tiga orang perempuan sbg jalur atau jalan untuk melahirkan Yesus, yaitu TAMAR, RAHAB & RUT. - Tamar, menantu Yehuda yang menyamar sebagai seorang pelacur karena melihat Yehuda ti- dak menepati janjinya, lalu ia menyamar menjadi seorang pelacur dan tidur dengan mertunya sendiri.
 - Rahab, yang terkenal sebagai seorang pelacur di Yerikho tetapi yang mau menerima dua orang pengintai yang datang mengintai kota Yerikho. 
 - Rut, seorang perempuan Moab yang mau ikut dengan Naomi sampai ke Betlehem dan juga yg mau mengakui Allahnya Naomi menjadi Allahnya. Sebenarnya dari ketiga nama perempuan di atas memiliki latar belakang yang jelek dan tidak layak di hadapan Tuhan, tetapi karena Tuhan telah mengadakan perjanjian yang baru yang berintikan tentang Kasih maka Ia mau menerima dan memakai mereka sebagai jalan untuk melahirkan Yesus ke dalam dunia ini. 

Ini membuktikan betapa Tuhan Allah itu sangat mengasihi manusia sehingga Ia tidak melihat latar belakang seseorang, tidak melihat rupa dan tidak melihat derajat sosial. Yesaya 30 : 18 - 21 saatnya Tuhan menunjukkan Kasih-Nya kepada semua orang, Ia bangkit hendak menyayangi mereka yang menanti-nantikan Dia. Dan dalam Yesaya 63 : 8 - 9 kedatangan Yesus ke dunia ini bukan sebagai duta atau utusan, tetapi Ia sendiri yang datang untuk menyelamatkan manusia yg telah berdosa dengan kasih sayang dan kasih setia. Ini berbicara pekerjaan Yesus Kristus sebagai Juruse- lamat, bahwa hanya Yesus saja satu-satunya yang bisa menyelamatkan manusia dari dosa. Itulah sebabnya ada tiga orang perempuan yang memiliki latar belakang yang tidak baik tetapi yang dipa- kai Allah menjadi jalan untuk melahirkan Yesus. Karena itu bagi kita sekarang, NATAL itu bukan hanya sekedar peryaaan begitu saja tetapi merupakan perwujudan kasih Allah kepada manusia. Dalam NATAL yang paling ditonjolkan adalah saling mengasihi, saling mengampuni dan bisa menerima kekurangan yang seorang dengan yg lain. 

Dengan mengerti makna NATAL yang sesungguhnya maka kita akan dimampukan untuk saling berbagi, saling memperhatikan, saling mengasihi, saling mendoakan dan saling mendukung demi untuk kemajuan bersama. Sebagaimana Allah mau memakai orang-orang yang memiliki latar be- lakang yang tidak baik, demikian juga kita harus mampu menerima kelemahan orang lain dan hrs mampu memberi pengampunan. Dengan demikian maka kita akan menjadi orang yang berkenan kepada Allah dan dilayakkan untuk menerima hidup yang kekal di dalam kerajaan Sorga.

Tidak ada komentar: