Senin, 08 April 2013

KITAB FILIPI 


Bible Study
 

          Supaya pelita kita tetap menyala : kita harus tetap setia beribadah dan melayani Tuhan di dalam kasih. Sebab kalau melayani Tuhan dengan kasih maka ibadah dan pelayanan itu akan dikenan oleh Tuhan. Karena jemaat di Filipi bertumbuh dalam iman dan pengenalan akan Kristus, maka Paulus bisa berdoa kepada Tuhan dengan sukacita. Mengapa kita harus beribadah dan melayani Tuhan dengan sukacita? tujuannya supaya pelita kita tidak padam dan supaya kita tidak kehilangan kasih.Sebab kalau kita setia beribadah maka Tuhan akan membuat hati kita tetap bergairah dan mata rohani kita terus tertuju hanya kepada Tuhan. Dan kalau setia melayani Tuhan, maka pelayanan itu akan membuat kita tetap berada di dalam gerak Tuhan.
Sebab akan datang waktunya pada zaman akhir ini banyak orang akan semakin dingin kasihnya kepada Tuhan karena tidak tahan menghadapi berbagai-bagai pencobaan dan penderitaan yang datang menimpa dunia ini sebagai tanda- tanda akhir zaman dan tanda kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kalinya. 

Filipi 1 : 23 - 24 di tengah-tengah penderitaan itu kita bagaikan didesak dari dua pihak:

- pergi dan diam bersama-sama dengan Kristus 
memang jauh lebih baik 
- tetapi tinggal dan diam di bumi ini karena pelayanan 
masih jauh lebih perlu

Kedua-duanya memang sangatlah baik, tetapi selagi kita masih hidup kita harus mau berbuat lebih baik lagi kepada Tuhan lewat beribadah dan melayani Tuhan didalam kasih. Walaupun di dunia ini banyak pergumulan dan penderitaan tetapi kita tidak boleh putus asa, jangan langsung minta supaya cepat-cepat pulang ke ruman Bapa. Memang pergi kerumah Bapa itu baik tetapi masih lebih baik lagi kalau kita pergunakan waktu yang ada ini untuk beribadah dan melayani Tuhan. 

Khusus dalam Filipi pasal 1 ada tiga (3) sukacita yang bisa kita dapatkan : 
          1. sukacita dalam doa - Filipi 1 : 4 ini bisa terjadi kalau rohani kita bertumbuh sehingga dalam berdoa pun kita bisa bersukacita kepada Tuhan dengan ucapan yang memuliakan Tuhan. 
          2. sukacita dalam pemberitaan Injil - Filipi 1 : 18 kalau pemberitaan Injil tentang keselamatan diberitakan kepada banyak orang akan mendatangkan sukacita sebab akan banyak orang percaya kepada Yesus dan diselamatkan. Kalau orang lain diselamatkan maka tentunya pasti ada sukacita yang besar.
          3. sukacita dalam iman - Filipi 1 : 25 kalau rohani kita semakin bertumbuh dan tetap tinggal dalam persekutuan yang benar dengan Tuhan maka iman kita akan semakin maju, dan iman yang semakin maju itu tentunya akan mendatangkan sukacita yang besar. 
Jika kita sudah bisa bersukacita seperti sukacita tersebut di atas maka kemegahan kita di dalam Yesus Kristus juga semakin bertambah, kita percaya bahwa penderitaan yang ada sekarang ini tidak menjadi penghalang bagi kita untuk terus beribadah dan melayani Tuhan. Karena itu selagi kita hidup di dunia ini, itu berarti kita masih harus bekerja memberi buah supaya hidup kita selalu disertai dan dipelihara sampai kepada kedatangan-Nya yang kedua kali. 
Itu sebabnya rasul Paulus sangat bersukacita di dalam Tuhan ketika ia berdoa kepada Tuhan dalam doanya, setiap kali Paulus mengingat jemaat di Filipi, ia mengucap syukur. Kelebihan jemaat di Filipi : sejak pertama kali menerima berita Injil, mereka terus bertekun dalam persekutuan dalam Berita Injil sampai sekarang ini. Dan kalau terus menerus berada dalam persekutuan Berita Injil, berkatnya : kalau Tuhan sudah memulai pekerjaan yang baik di antara kita maka Tuhan akan meneruskannya sampai pada hari Kristus Yesus
Artinya : Tuhan Yesus akan memelihara kita sampai kepada kedatangan-Nya yang kedua kali, Ia akan datang sebagai Mempelai laki-laki yang akan menikah dengan mempelai perempuan-Nya dalam pesta kawin Anak Domba

Tidak ada komentar: